Tuesday, September 11, 2007

Teknologi Informasi


Langlang, Cara Baru Membaca Berita

Berkembangnya aplikasi teknologi komunikasi dan informatika semakin memungkinkan seseorang mengetahui informasi secepat mungkin dan tidak perlu lagi menunggu sampai esok. Fenomena ini membuat koran-koran di seluruh dunia mengalami penurunan oplah, terutama karena tidak bisa mengejar kecepatan dalam penyajian berita yang bersifat hardnews.

Namun, tidak serta-merta kehadiran teknologi elektronik itu menjadi ancaman bagi media cetak. Justru sebaliknya, melalui produk, seperti ponsel atau ponsel PDA, bisa diatur untuk saling melengkapi dengan edisi cetak yang hanya hadir sekali sehari, yaitu setiap pagi atau sore.

Menyadari akan perkembangan zaman ini, Kompas pun mencoba memberikan layanan baru dengan diluncurkannya produk layanan yang diberi nama Langlang, Senin (10/9) di Jakarta. Langlang adalah semacam layanan mengakses berita atau informasi menggunakan perangkat ponsel atau ponsel PDA atau ponsel pintar yang sekarang ini sudah sangat umum digunakan.

Pada fase pertama ini akses informasi Langlang masih berupa informasi teks dan foto/gambar, kemudian pada fase berikut bisa menerima berkas audio dan video, bergantung pada penyediaan content. Teknologi micropage memungkinkan berkas berita dikompresi menjadi sangat ringan bagi pengguna ponsel, bahkan lebih ringan dibandingkan dengan teknologi wap ataupun XHTML yang banyak digunakan saat ini.

Setiap berkas berita dikompresi hingga 2 kb-4kb untuk bisa sekali kirim melalui BTS, bahkan foto sebesar, katakan, 147 kb menggunakan micropage bisa dikompresi sampai 3 kb saja. Adapun pada wap dan XHTML yang hanya digunakan untuk aplikasi teks, setiap artikel besarnya masih sekitar 20 kb, yang membuat boros pemakaian data.

Aplikasi ini menjadi komplementer bagi edisi cetak Kompas, karena dapat menyajikan seluruh informasi jurnalistik ataupun komersial. Untuk saat ini, Langlang hanya bisa mengakses content media cetak Kompas, adapun ke depannya bisa berkembang ke semua media di kelompok media ini. Tentu sebagai media yang bersifat mobile, Langlang bisa memberi informasi seperti breaking news.

Mulai peluncuran perdana ini pengguna ponsel yang sudah memiliki aplikasi Langlang akan mendapatkan informasi gratis selama sebulan. Selanjutnya akses content dilakukan dengan kupon elektronik.

Cara mengambil berkas installer aplikasi Langlang mobile news melalui sistem OTA (over the air) adalah dengan mengirimkan SMS ke nomor SMS Gateway 081 7080 8888. Isi SMS adalah Instal Langlang atau Instal Langlang [merek ponsel] atau Instal Langlang [merek ponsel] [tipe ponsel]. Dari jawaban alamat yang dikirimkan balik oleh SMS Gateway, pengguna dapat mengambil installer melalui ponselnya. (AWE)

No comments: