Thursday, February 14, 2008

Menelusuri asal-usul batik Madiba MANDELA

 
Rohmatin Bonasir
Produser BBC Siaran Indonesia


Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela sempat membuat mendiang Presiden RI Suharto terhenyak ketika menerima Mandela dalam kunjungan kenegaraan tahun 1997.

Mandela mengenakan kemeja batik. Sedangkan, Pak Harto saat itu mengenakan stelan jas lengkap.

Sila dengar Paket Minggu asal usul Batik Mandela

Pada acara-acara resmi seperti peluncuran asosiasi mantan pemimpin dunia, The Elders Juli tahun 2007 lalu ini, Mandela sering dengan bangga mengenakan kemeja batik Indonesia.

Acara tersebut diadakan bertepatan dengan ulangtahun ke-89 Mandela, yang tokoh veteran perjuangan anti-apartheid Mandela.

Perkenalan Mandela pertama kali dengan batik Indonesia ini, menurut Duta Besar RI untuk Afrika Selatan Sugeng Rahardjo, terjadi tahun 1990 beberapa bulan setelah dia keluar dari penjara di Pulau Roben.

Perjalanan pertama

Sebagai presiden Kongres Afrika Selatan, Mandela atau nama akrabnya Madiba, mengadakan perjalanan pertama ke Asia, termasuk ke Indonesia.
Nelson Mandela mengenakan salah satu koleksi kemeja batiknya


Di masa lalu, ANC merupakan kekuatan dalam perjuangan masyarakat kulit hitam Afrika Selatan dari kebijakan apartheid yang mengawal sistem ekonomi dan sosial negara dengan dominasi kulit putih dan diskriminasi ras.

Duta Besar RI untuk Afrika Selatan Sugeng Rahardjo dalam kunjungan Nelson Mandela ke Indonesia tersebut menjabat sebagai kepala Seksi Afrika di departemen luar negeri dan menjadi notulen pertemuan Presiden Suharto dan Presiden Nelson Mandela.

Sebagian kemeja batik yang dikenakan sang mantan Presiden Afrika Selatan merupakan rancangan Iwan Tirta, salah satu perancang batik terkenal di Indonesia.

Dalam pemilihan umum pertama yang diadakan secara bebas di Afrika Selatan tahun 1994 sejak tumbangnya sistem apartheid, ANC yang menentang keras apartheid keluar sebagai pemenang dan Nelson Mandela terpilih sebagai presiden.

Pada tahun yang sama, tokoh kharismatik itu menghadiri konferensi APEC di Bogor dengan mengenakan kemeja batik khas Indonesia.

Belakangan, muncul istilah Madiba shirt atau kemeja Madiba (nama panggilan Mandela) untuk menyebut busana yang kerap dikenakan Nelson Mandela.

No comments: