Monday, February 11, 2008

Produk Terbaik


Senin, 11 Februari 2008 | 03:23 WIB

Fungsionalitas pada komputer notebook menjadi penting ketika digunakan untuk keperluan bisnis serta memiliki sistem keamanan yang tinggi. Produk buatan Hewlett-Packard, Compaq 6910p, yang mengimbangi antara mobilitas dan kemajuan teknologi komunikasi informasi, selain memiliki fitur akses 3G, juga memiliki sistem keamanan untuk melindungi keseluruhan data di dalamnya. Menggunakan sistem keamanan internal disebut Trusted Platform Module, Compaq 6910p memiliki kontrol mikrocip untuk menyimpan kata kunci, kata sandi, serta sertifikasi digital yang memastikan keamanan penggunaannya.

Kemampuan anak bangsa Indonesia untuk memanfaatkan kemajuan teknologi perangkat lunak tidak kalah dibandingkan dengan bangsa lain. Infogloba Group, yang berpusat di Surabaya, berkembang menjadi sebuah rumah perangkat lunak (software house) menggunakan kemajuan teknologi buatan Microsoft berbasis .Net (baca dot Net) untuk mengembangkan perangkat yang disebut SOYUS (Sistem Olah Yudha untuk Seskoau) dan TDAS (Transmission Data Air Situation). Produk canggih bernuansa teknologi tinggi ini mampu menghasilkan simulasi grafik berbasis tiga dimensi secara ekstensif sebuah sistem war gaming yang terintegrasi dengan waktu sesungguhnya. Sistem simulasi ini memungkinkan para perwira TNI AU melakukan perencanaan dan komando tingkat strategis, taktis, dan operasional.

Keterbatasan dimensi ruang yang berkembang bersamaan dengan berbagai aktivitas digital menghadirkan persaingan untuk menghasilkan produk multifungsi pencetak laser berwarna. Perusahaan asal Korea Selatan, Samsung, memperkenalkan produk multifungsi laser berwarna CLX-2160 ditujukan untuk pengguna SOHO (small office home office) untuk memindai, menggandakan, serta mencetak dalam kualitas laser berwarna. Ukurannya yang kecil menjadikan CLX-2160 ini ideal untuk membantu mengembangkan usaha kecil menengah menghadapi persaingan global.

Kemajuan teknologi memang tidak lagi hanya membatasi penggunaan berbagai gadget digital. Produk kamera video digital buatan Sanyo, Xacti VPC-CA65 yang dirakit di Indonesia, juga cocok dengan nuansa negara kepulauan. Kamera VPC-CA65 yang tahan air ini bisa digunakan untuk menyelam sampai kedalaman 1,5 meter dengan waktu rekaman selama 60 menit. Memiliki lapisan kedap air, produk Sanyo ini dilengkapi dengan image stabilizer untuk memotret dan merekam di bawah air, menggunakan lensa dengan zoom berukuran 38-190 mm.

Ledakan informasi serta skala ekonomi yang mampu dicapai dalam memanufaktur monitor dengan teknologi LCD mengharuskan pengguna teknologi komunikasi informasi untuk mulai menggunakan monitor ukuran besar. Monitor seri 2407WFP buatan Dell Inc, perusahaan asal Texas, AS, dengan ukuran 24 inci (diagonal 60,96 cm), tidak hanya mampu menghasilkan resolusi 1920 x 1200 piksel yang setara dengan definisi tinggi, juga memiliki kontra rasio 1.000:1. Desain futuristis menjadikan monitor Dell 24 inci ini tidak hanya menyenangkan untuk menyerap berbagai informasi digital, tetapi juga serasi dengan desain interior di rumah ataupun kantor.

Kehadiran teknologi 3G, termasuk turunannya HSDPA yang berkecepatan tinggi, mengubah cara kita untuk mengakses informasi memanfaatkan kehadiran apa yang disebut sebagai wireless broadband. Operator seluler Indosat pun tidak ragu-ragu memperkenalkan teknologi 3,5G, memberikan akses kecepatan tinggi sepanjang Pulau Jawa-Bali di beberapa kota provinsi dan kabupaten. Indosat 3,5G menjadi alternatif penting di tengah langkanya akses kecepatan tinggi broadband di berbagai wilayah Indonesia, memacu kita semua untuk secara cepat menyerap ledakan informasi yang memberikan nilai tambah untuk bersaing secara global dengan negara-negara lain.

Komputer notebook tidak lagi melulu terkait dengan persoalan teknologi, tetapi juga desain yang mampu mengubah gaya hidup orang dalam kemajuan teknologi komunikasi informasi. Komputer notebook Flybook Dialogue V5 selain memiliki semua fitur terbaru kemajuan teknologi, juga memiliki desain menarik dengan warna-warni atraktif dengan monitor lipat untuk dijadikan seperti TabletPC. Menggunakan prosesor Core Duo U2500, Flybook V5 memiliki fitur akses kecepatan tinggi nirkabel teknologi 3,5G memungkinkan penggunaan dilakukan di mana saja.

Kemajuan multimedia dalam format digital memang mengubah cara kita melihat dan mendengar, tidak lagi terpaku pada dimensi ruang tertentu. Mobilitas tinggi di tengah globalisasi sekarang ini tidak menjadi hambatan untuk mendengarkan alunan musik digital serta menikmati tayangan video digital tanpa terganggu dengan kebisingan lingkungan sekitar. Sennheiser, perusahaan yang memproduksi pendengar audio asal Jerman, memperkenalkan seri PCX 450 dengan teknologi NoiseGard 2.0 yang mampu mengurangi kebisingan suara sampai sekitar 90 persen.

Ledakan informasi mengharuskan siapa saja untuk memiliki penyimpan digital yang besar serta mudah dibawa ke mana-mana untuk mengakses berbagai informasi dalam jumlah yang sudah tidak terbatas di era kemajuan teknologi komunikasi informasi sekarang ini. Seagate Technology LLC memperkenalkan produk penyimpan digital FreeAgent Desktop External dengan beragam kapasitas penyimpanan mulai dari 250 GB, 320 GB, dan 500 GB. Penyimpan digital dengan harga yang semakin terjangkau memastikan semua informasi yang tersimpan tetap aman.

Kemudahan untuk mengakses dan menyimpan informasi di mana-mana mengharuskan kita untuk menyimpan berbagai data digital pada sebuah flash drive yang aman dan tahan terhadap berbagai kondisi. Corsair Corporate, penghasil memori ternama asal AS, memperkenalkan produk USB flash drive disebut Corsair Survivor berbentuk seperti pipa yang dibuat dari bahan aluminium yang sama dengan bahan yan digunakan pesawat terbang. Dengan kapasitas memori 4GB, Corsair Survivor tahan terhadap tembakan peluru dan data di dalamnya tetap aman tanpa gangguan.

Kemajuan teknologi 3,5G juga telah menghadirkan berbagai pilihan CPE (customer premises equipment) yang dijajakan dengan pilihan teknologi serta harga jual yang berbeda-beda. Bandluxe C100 ExpressCard HSDPA buatan BandRich Inc asal Taiwan menjadi produk andalan untuk mengakses jaringan data dengan kecepatan 3,6 Mbps. Penggunaannya pun mudah serta mampu untuk mendeteksi pengaturan akses operator 3,5G.


 

No comments: