Wednesday, February 13, 2008

Peringkat Universitas Unggulan Melorot


Rabu, 13 Februari 2008 | 02:13 WIB

Bandung, Kompas - Citra pendidikan tinggi Indonesia di kancah internasional menurun dalam setahun ini. Hasil survei Times Higher Education terakhir menunjukkan peringkat universitas-universitas unggulan Indonesia melorot tajam, terdepak dari posisi 200 besar dunia yang sebelumnya sempat diraih.

Menurut hasil survei Times, majalah ternama Inggris, dari enam perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam jajaran 500 besar universitas dunia, Universitas Gadjah Mada berada di posisi terbaik, yaitu peringkat 360. Disusul Institut Teknologi Bandung (369), Universitas Indonesia (395), serta Universitas Diponegoro, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Airlangga (404).

Tahun 2006, UI menempati ranking 250, diikuti ITB (258) dan UGM (275). Survei internasional lainnya, yaitu versi Shanghai Jiao Tong, tidak menunjukkan hasil yang lebih baik. Hingga akhir 2007 belum ada satu pun perguruan tinggi di Indonesia yang menembus peringkat 500 besar dunia menurut riset universitas ternama di China ini.

Universitas Harvard dari Amerika Serikat masih bercokol di urutan teratas hasil survei ini, diikuti Universitas Cambridge dan Oxford dari Inggris di posisi berikutnya.

Ketua Forum Rektor Indonesia Djoko Santoso yang ditemui Selasa (12/2) memaklumi penurunan peringkat itu. ”Layaknya lomba, ya ada yang naik dan ada yang turun. Kita semestinya bersyukur masih bisa masuk 2 persen universitas ternama di dunia dari total 12.000-an yang dinilai,” ujar Rektor ITB ini.

Ketua Satuan Penjamin Mutu ITB Deny Juanda Puradimaja mengatakan, survei bergengsi versi Times maupun Shanghai Jiao Tong masih sulit diikuti perguruan tinggi di Indonesia. ”Parameter yang diukur sulit dicapai universitas Indonesia yang rata-rata masih berorientasi teaching based, belum research based university,” ungkapnya. Namun, ke depan, ITB optimistis mampu menembus 500 besar versi Shanghai Jiao Tong. (JON)

No comments: