Thursday, August 23, 2007

Sumber Belajar

Pengembangan Perpustakaan Harus Menjadi Prioritas

Jakarta, Kompas - Perpustakaan masih merupakan salah satu sarana pendidikan penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Masalahnya, jangankan kualitas, kuantitas perpustakaan standar untuk sekolah-sekolah dasar di Indonesia masih jauh dari memadai. Karena itu, pemerintah ataupun dunia usaha seharusnya memberi perhatian cukup besar untuk pengembangan perpustakaan di sekolah-sekolah.

"Pengelolaan buku-buku literasi dan pengetahuan lewat perpustakaan harus menjadi upaya yang terus dilakukan di sekolah-sekolah, di tengah gempuran berbagai jenis media alternatif lain seperti televisi atau dunia maya. Sebagai bentuk perhatian atas problema itulah harian Kompas meletakkan komitmen untuk ikut mengembangkan perpustakaan sekolah-sekolah, terutama sekolah dasar," ujar Wakil Redaktur Pelaksana Harian Kompas Budiman Tanuredjo dalam peresmian penggunaan perpustakaan di SD Negeri 7 dan SD Negeri 8 di Petamburan, Jakarta Pusat, Rabu (22/8) pagi.

Perpustakaan itu dibangun oleh Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) bekerja sama dengan perusahaan jasa konsultan Accenture, dengan harapan bisa menjadi perpustakaan percontohan tingkat SD, yang mengintegrasikan aktivitas perpustakaan dengan proses belajar di kelas.

Peresmian perpustakaan disaksikan Direktur Pengelolaan Wilayah PT Accenture Julianto Sidarto, GM Humas Kompas-Gramedia Nugroho F Yudho, dan para pamong sekolah. (ITA)

No comments: