Monday, August 20, 2007

Toko Teknologi

Memilih produk-produk teknologi komunikasi informasi di pasaran Indonesia memang menjadi sebuah persoalan sendiri. Sering kali kita tidak bisa menemukan produk yang kita inginkan, atau kalau memang tersedia, produk itu memiliki variasi harga yang tidak merata.

Bagi para kelas menengah ke atas, kehadiran banyak mal yang menjajakan berbagai produk teknologi komunikasi informasi seharusnya memberikan model berbelanja produk teknologi komunikasi informasi yang berbeda dengan belanja di toko tradisional.

Di Indonesia, setidaknya ada dua jenis mal teknologi komunikasi informasi yang disebut sebagai IT superstore dengan dua model yang coba dikembangkan. Model pertama adalah 1st Computer Square yang terletak di Mangga Dua Square dan Ratu Plasa (Jakarta) serta model kedua adalah DYNAMiS IT Superstore di Gedung Srijaya, Jalan Mayjen Sungkono (foto atas) di Surabaya.

Walaupun sama-sama menjual produk teknologi komunikasi informasi, ada perbedaan di antara keduanya. Di Jakarta, 1st Computer Square menghadirkan produk-produk yang sudah ada di toko- toko tradisional dengan menjual produk sejenis. Karena itu, harga jual berbagai produknya pun berbeda dan jelas lebih mahal di 1st Computer Square yang menjadi one stop shopping.

Walaupun sama-sama one stop shopping, konsep yang dikembangkan oleh DYNAMiS IT Superstore menjadi berbeda karena produk yang dijajakan umumnya tidak tersedia di toko komputer tradisional. Supermarket teknologi di Surabaya ini memiliki beberapa jenis produk yang unik, seperti monitor LCD 19 inci merek Fujitsu, perangkat lunak Microsoft, dan VoIP Gateway BLW-54VP merek PCI.

Kesamaan di antara kedua IT superstore ini adalah kemudahan untuk memenuhi berbagai macam ragam keperluan konsumen dalam teknologi komunikasi informasi. Setidaknya, kita tidak membuang waktu untuk mencari keyboard, mouse, atau kabel ethernet untuk kebutuhan jaringan kita.

Bagi mereka yang tidak paham teknologi, tempat belanja seperti ini pun bermanfaat karena pengetahuan akan produk yang dimiliki pegawainya akan sangat membantu kita untuk memilih perangkat yang tepat serta bisa mencoba secara langsung produk yang kita inginkan. Menyenangkan. (rlp)

No comments: